Kamis, 29 November 2018

JANGANLAH RAGU UNTUK TERUS MENUNTUT ILMU


Terkadang seorang penuntut ilmu merasa minder dan seperti putus asa, ketika ia merasa kesusahan dalam menghafalkan ilmu yang ditugaskan oleh gurunya. Bahkan ketika ia telah merasa tertinggal jauh dari teman-temannya, ia merasa tidak mampu lagi dan memutuskan untuk berhenti menuntut ilmu. Hingga akhirnya diapun terputus mendapatkan ilmu dari gurunya.
Sebenarnya tidak perlu sampai seperti itu. Justru keadaannya terus bersama ilmu dengan berusaha menghafalnya dan memahaminya adalah lebih baik, daripada kesendiriannya tanpa kesibukan menuntut ilmu.
Kesabaran seseorang dalam menuntut ilmu adalah bernilai ibadah di sisi Allah.
Saudara saudariku para penuntut ilmu... Semoga Allah menjagamu dan memudahkan urusanmu.
Permasalahannya bukanlah pada seberapa cepat engkau paham dan hafal, tapi ada pada seberapa besarkah usahamu untuk mendapatkan ilmu dan mengamalkannya.

Karena inti dari ilmu bukanlah semata-mata ada pada seberapa banyak hafalan, tapi inti dari ilmu yang bermanfaat adalah yang bisa menambahkan rasa takut dalam dirimu kepada Allah ta'ala, sehingga membuatmu selalu berusaha mengamalkannya, selalu berusaha berbuat kebaikan dan menjauhi kemaksiatan.
اَللَّهُمَّ انْفَعْنَا بِمَا عَلَّمْتَنَا وَعَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا
“Ya Allah berilah manfaat kepada kami, atas apa yang telah engkau ajarkan kepada kami, dan ajarkanlah kepada kami apa yang bermanfaat bagi kami, dan tambahkanlah ilmu kepada kami.”
Barakallahufikum.
--------
Abu Ibrohim Ari bin Salimin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.